Penyebab Sakit Gigi

Friza Mardiana January 19, 2013 0


Penyebab Sakit gigi yang paling umum kita dengar adalah gigi berlubang (rongga gigi) dan Gusi yang bengkak. Tapi sebenarnya tidak sesederhana itu. ada banyak penyebab sakit gigi yang harus kita ketahui agar kita bisa terhindar dari sakit gigi.

6 Penyebab Sakit Gigi

Berikut merupakan Penyebab sakit gigi yang sering terjadi:

  1. Gigi Berlubang dan Abses Gigi
    Penyebab Sakit Gigi yang paling sering kita temui adalah Gigi Berlubang dan Abses Gigi. Gigi Berlubang atau Karies Gigi adalah lubang gigi yang telah merusak lapisan terluar dari gigi yaitu enamel dan dentin. Enamel merupakan lapisan terluar dari gigi sedangkan Dentin merupakan lapisan kuning yang berada di bawah enamel. Kedua lapisan ini berfungsi untuk melindungi jaringan hidup di bawahnya yang di sebut Pulp. Di dalam pulp terdapat pembuluh darah dan syaraf. Bakteri jenis tertentu di dalam mulut sanggup mengubah gula (glukosa) menjadi asam. Asam yang terbentuk tersebut tercampur dengan air liur, campuran asam dan air liur dapat melunakkan enamel dan dentin sehingga terbentuklah lubang gigi pada gigi. Bayangkanlah jika anda tidak pernah membersihkannya. Lubang kecil yang awalnya terbentuk lama kelamaan akan menjadi besar dan menjadi tempat berkumpulnya sisa-sisa makanan. Di lubang gigi sampai ke daerah pulp dan menjadi sarang dari sisa –sisa makanan maka racundan bekteri dari makanan dapat mengganggu kinerja pembuluh darah dan syaraf di dalam pulp serta cairan yang dingin serta panas yang kita konsumsi akan langsung mengenai pulp, Sehingga sakit gigi terjadi. Cedera parah pada pulp bias mengakibatkan infeksi gigi tau abses gigi.

    gigi berlubang penyebab sakit gigi 300x187 Penyebab Sakit Gigi

    gigi berlubang-penyebab sakit gigi

  2. Penyakit Gusi
    Penyebab sakit gigi yang kedu adalah Penyakit gusi. (Periodontal). Penyakit gusi bisa terjadi karena adanya peradangan yang terjadi pada jaringan lunak (gusi) dan hilangnya secara tidak wajar tulang yang mengelingi dan memegang gigi pada tempatnya. Sebab yang laen adalah adanya racun yang di keluarkan oleh bakteri di dalam “plak” yang telah menumpuk dari waktu ke waktu dan berada di bawah garis gusi. Plak adalah campuran dari asam yang di hasilkan oleh bakteri dan air liur.
    Gejala awal penyakit gusi ini adalah terjadinya pendarahan pada gusi tanpa di sertai rasa sakit. Jika sudah mulai parah maka akan timbul rasa nyeri. Hal ini terjadi karena hilangnya tulang di sekitar gigi dan akan membentik kantong gusi dalam. Dengan adanya kantong gusi maka bakteri bias masuk kedalamnya, dan bakteri dalam kantong gusi dapat menyebabkan infeksi gusi, seperti bengkak nyeri dan kerusakan yang lebih lanjut.
  3. akar gigi sensitif
    Penyebab sakit gigi selanjutnya adalah akar gigi yang sensitif. Akar gigi yang sensitif terjadi karena akar gigi yang terbuka biasanya akar lebih rendah dua pertiga dari yang biasa di kubur di tulang. Hal ini di sebabkan karena bakteri telah melarutkan tulang sekitar akar sehingga gusi dan tulang menjadi surut dan memperlihatkan akar. Kondisi ini di sebut resesi yaitu akar yang terbuka sehingga sangat sensitive terhadap makanan dingin panas dan asam. Karena sudah tidak mendapat perlindungan dari gusi.
  4. Sindrom gig retak
    Sindrom gigi retak atau yang biasa di sebut cracked tooth syndrome merupakan penyebab sakit gigi yang laen. Gigi retak ini bias di sebabkan oleh gigi patah tanpa rongga atau penyakit gusi lanjut. Menghindari mengunyah atau menggigit benda yang keras bisa menjadi solusi. Karena gigi yang retak atau patah ini dapat mengakibatkan nyeri yang sangat luar biasa ppada saat mengunyah atau menggigit.
  5. gangguan temporomandibular joint (TMJ)
    Gangguan pada sendi temporomandibular bisa mengakibatkan rasa sakit yang biasa terjadi di sekitar telinga atau di rahang bawah. Engsel TMJ rahang bawah bertanggung jawab atas kemampuan untuk mengunyah ataupun berbicara. Jika engsel ini mengalami gangguan maka pada saat gigi mengunyah akan terasa sakit dan menjadi penyebab sakit gigi.
  6. Erosi gigi atau Impaksi
    Erosi gigi menjadi penyebab sakit gigi yang terakhir. Sakit gigi ini terjadi pada saat gigi tumbuh dan gagal muncul ke posisi yang tepatdi bawah gusi atau tulang. Pada saat gigi besar di bagian belakang mulai memunculkan gigi permen karet di sekitarnya mengalami peradangan dan menjadi bengkak hal ini yang mengakibatkan nyeri dan rasa sakit pada gigi.

Kesimpulan dari penyebab sakit gigi

Memang pada dasarnya penyebab sakit gigi yang paling utama adalah karena terjadinya karies gigi atau gigi berlubang. Akan tetapi penyebab yang lain pun bis saja terjadi. kenali penyebab sakit gigi anda supaya dapat mengetahui cara mengobati sakit gigi dengan benar. atau langsung periksakan ke dokter anda.

Semoga artikel tentang penyebab sakit gigi ini bermanfaat baca juga artikel tentang cara mengobati sakit gigi.


Leave A Response »