Askep Demam Berdarah Dengue

Friza Mardiana May 12, 2013 0


Apakah anda mencari informasi tentang askep demam berdarah dengue? Jika benar, maka Portal remaja Indonesia kali ini akan memberikan tips tersebut. Menurut portal remaja indonesia, askep demam berdarah dengue ini adalah sebuah informasi yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat tentunya untuk warga masyarakat indonesia. oleh sebab itulah, portal remaja akan memberikan informasi askep demam berdarah dengue yang juga merupakan salah satu tips kesehatan.

Apakah anda sudah tahu mengenai askep demam berdarah dengue? askep demam berdarah dengue adalah kepanjangan dari asuhan keperawatan dalam penyakit demam berdarah dengue. jika anda sudah mulai mengetahui askep demam berdarah ini, pasti nanti anda akan mengetahui cara pencegahan demam berdarah, mengetahui gejala demam berdarah dan juga tanda tanda demam berdarah. Okey, langsung saja kita bahas informasi tentang askep demam berdarah dengue ini. semoga dapat memuaskan anda mengenai informasi askep demam berdarah dengue ini.

askep demam berdarah dengue pada demam berdarah pada anak Askep Demam Berdarah Dengue

askep demam berdarah dengue pada demam berdarah pada anak. berikut merupakan bagan virus dengue

Askep Demam Berdarah Dengue? Pengenalan Demam Berdarah

Virus dengue? virus dengue adalah sebuah virus yang berasal dari daerah tropis yang ditularkan oleh nyamuk dan juga ditandai dengan gejala seperti nyeri pada tungkai, ruam, demam dan juga nyeri pada kepala. Demam berdarah dengue ini merupakan penyakit yang menyerang manusia terutama pada remaja, orang dewasa dan juga anak anak, ditandai dengan nyeri otot dan sendi, klinis demam, disertai leukopenia, sakit kepala yang hebat, nyeri pada saat kita menggerakkan bola mata dan muncul ruam maupun tidak. demam berdarah dengue ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama dengue melalui gigitan dalam penyebarannya dan dilakukan oleh nyamuk.

virus dengue ini merupakan virus yang tergolong dalam famili atau grup flaviviridae dan dikenal ada 4 serotipe. yang berhubungan dengan askep demam berdarah dengue, yaitu virus dengue 1 dan dengue 2 itu ditemukan di irian pasa saat berlangsungnya perand dunia ke-II dan dengue 3 dan 4 di Filiphina. dan perlu anda ketahui bahwa dengue ini adalah salah satu serotipe yang paling banyak beredar. virus dengue yang berhubungan dengan askep demam berdarah dengue ini masuk kedalam tubuh manusia dengan cara gigitan yang oleh nyamuk aedes aegypti sehingga bereaksi dengan antibodi dan membentuk kompleks virus-antibody, melalui asirkulasi maka akan mengaktivasi sistem komplemen. virus yagn masuk kedalam tubuh ini jika infeksi pertama kali maka akan menyebabkan demam berdarah. reaksi yang dilakukan oleh tubuh merupakan reaksi yang biasa terlihat saat infeksi oleh virus. bila seseorang  terkena infeksi yang berulang dengan virus dengue yang beda maka reaksi tubuh akan tampak amat berbeda.

Askep Demam Berdarah Dengue dengan Melakukan pencegahan

prinsip yang tepat dalam melakukan pencegahan untuk askep demam berdarah dengue adalah sebagai berikut:

1. Mengusahakan melakukan pemberantasan pada daerah yang mempunyai potensi tinggi terhadap penularan demam berdarah.

2. Dengan memanfaatkan dari perubahan keadaan nyamuk
saat nyamuk melakukan perubahan keadaannya karena pengaruh alamiah, saat itulah lakukan pemberantasan vektor.

3. Lakukan pemberantasan vektor nyamuk ditempat pusat aktivitas sehari hari
tempat pusat aktivitas sehari hari ini seperti sekolah, rumah,  dan masih banyak lainnya.

4. Memutuskan lingkaran penularan dengan cara melakukan pemberantasan kepada nyamuk demam berdarah.

Saat melakukan askep demam berdarah, anda juga harus mengetahui cara dalam memberantas nyamuk DBD tersebut, diantaranya adalah

1. Dengan menggunakan cara insektisida
Dengan menggunakan cara insektisida inilah cara yang biasa dilakukan oleh pemerintah dalam askep demam berdarah dengue. cara insektisida yang biasa digunakan adalah malathion yaitu digunakan untuk memberantas nyamuk demam berdarah yang sudah dewasa dan abate untuk membunuh jentik jentik nyamuk.

2. Tanpa menggunakan cara insektisida
Inilah cara yang tanpa mengeluarkan biaya apapun, karena cara ini dilakukan sendiri tanpa menggunakan cairan insektisida.

  • cara pertama adalah dengan melakukan pengurasan bak mandi atau tempat-tempat penampungan air yang mempunyai potensi untuk perkembang biakan telur. pengurasan dilakukan selama seminggu sekali
  • Membersihkan halaman rumah dari barang barang bekas yang mempunyai potensi sarang nyamuk
  • dengan menutup penampungan air dengan rapat rapat.

Askep Demam Berdarah? Pengenalan Manajemen Keperawatan

Berikut askep demam berdarah dengue, yang merupakan manajemen keperawatan:

1. Identitas
Demam berdarah dengue ini sudah banyak dalam membunuh para anak, remaja dan orang dewasa.

2. Keluhan
pasien akan melakukan keluhan rasa sakit, biasanya sakit kepala, lemah, nafsu makan menurun dan ulu hati.

3. Riwayat Penyakit pada zaman sekarang
menunjukkan adanya sakit kepala, lemah, sakit waktu menelan, nyeri otot

4. Riwayat Penyakit yang terdahulu
tidak ada data yang lebih spesific mengenai ini.

5. Sejarah penyakit keluarga
Riwayat ini sangat perlu diketahui saat korban terkena penyakit demam berdarah, karena anggota keluarga juga sangat menentukan, karena nyamuk bisa saja menularkan ke anggota keluarga yang lain.

6. Sejarah atau riwayat kesehatan lingkungan
lingkungan juga sangat menentukan, jika lingkungan kurang bersih, terdapat kaleng-kaleng bekas yang bisa menjadi tempat genangan air

7. sejarah tumbuh kembang

Informasi diatas merupakan postingan dari portal remaja indonesia mengenai askep demam berdarah dengue yang sangat dibutuhkan orang orang saat ini.


Leave A Response »